Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil

Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil

Test drive merupakan cara terbaik untuk mengetahui kondisi mobil sesungguhnya. Metode ini baik dilkukan untuk mobil baru maupun dari tangan kedua (bekas). Oleh karena itu sebagai calon pemilik mobil tersebut anda harus benar-benar menguji kelayakan mobilnya. Tidak hanya memastikan kendaraan masih berfungsi dengan baik, dengan melakukan test drive Anda dapat merasakan apakah mobil tersebut cocok dengan Anda.

Image result for Langkah-langkah Melakukan Test Drive Mobil

Keinginan dan Kebutuhan

Cobalah mobil yang memang anda inginkan, minimal dengan mobil yang benar-benar mirip dengan pilihan anda. Jangan menerima begitu saja pilihan dari salesman. Jika anda tidak memiliki kebutuhan akan testdrive yang kuat, salah-salah anda hanya menurut saja ajakan test drive dari salesman tanpa tahu akibat yang akan terjadi nantinya.

Anda pun tentu jangan asal dalam memilih mobil untuk test drive, seperti yang sudah diulas sebelumnya, minimal dengan mobil yang sedikit mirip dengan mobil pilihan anda. Kebutuhan anda jenis compact car, jangan sekali-kali untuk mencoba mobil jenis premium. Selain tak tepat target, tentu akan terlihat konyol.

Sesuaikan dengan kemampuan menyetir anda juga. Jika anda kurang begitu mahir mengendarai mobil canggih dan rumit, bertenaga besar atau sulit dikendalikan, jangan paksakan untuk mencobanya.

Administrasi

Kebanyakan dari dealer mobil baru akan membutuhkan SIM dan tanda pengenal anda sebelum test drive. Jika anda belum mempunyai SIM, mungkin anda bisa meminta bantuan orang lain yang sangat anda percayai, dan memiliki karakter mengemudi yang kurang lebih sama dengan anda untuk mencoba mobil yang anda mau.

Bagi anda yang benar-benar ingin melakukan test drive, apalagi untuk mengincar keleluasaan saat melakukannya, ajukan permintaan pada dealer dan siapkan semua keperluan administrasi. Sikap ini akan bisa membangkitkan keyakinan dan kepercaan pihak penjual (dealer atau perorangan) untuk memberikan mobilnya pada anda.

Let’s test drive

Pertama-tama sesuaikan posisi duduk anda dengan setir, jok dan spion agar nyaman dan ergonomis bagi anda. Perhatikan area blindspot yang ada pada mobil, lalu pikirkan bagaimana mengatasinya. Jangan khawatir, cukup mengatur spion dan menyalakan kamera atau sensor parkir (jika ada).

Jika hal ini tidak dilakukan, maka anda akan kerepotan dalam mencoba mobilnya nanti, dan kesan anda dapatkan hanya ketidaknyamanan. Bagi anda yang membeli mobil baru di dealer, biasanya akan disiapkan rute test drive. Rute yang disediakan pun mempunyai hampir seluruh kondisi jalanan pada umumnya, seperti lurus dan datar, tanjakan, berkelok, hingga macet dan berlubang.

Dengan anda mengemudi secara sembarangan (ugal-ugalan) justru cara mengemudi seperti itu anda tidak memperhatikan performa asli dari mobil tersebut sehingga secara langsung anda menutupi kondisi mobil.

Kemudikan mobil dengan normal, jangan terlalu pelan juga. Intinya adalah kemudikan dengan normal seperti biasa anda lakukan, namun tetap memperhatikan kondisi mobil, mulai dari kaki-kaki, mesin dan bagian dalam kabin.

Hal penting yang terlewatkan saat Anda melakukan test drive :

  1. Atur Posisi
    Untuk melakukan test drive dengan optimal, pastikan Anda mengatur posisi duduk dan setir yang sesuai dan nyaman. Atur juga posisi setelan naik turun setir agar pas pada posisi badan dan tangan. Dengan mengatur posisi, Anda juga sekaligus memastikan fungsi fitur tersebut masih bekerja dengan baik.
  2. Nyalakan Mesin
    Sebelum menyalakan mesin, jangan langsung men-starter mobil, melainkan tinggalkan pada posisi “ON” terlebih dahulu dan perhatikan lampu indikator yang menyala. Pastikan lampu-lampu mati, barulah starter mobil. Apabila ada lampu indikator yang tetap menyala, berarti ada masalah pada mobil yang perlu diperbaiki.
  3. Perhatikan Bunyi Mesin
    Setelah mesin menyala, buka kaca jendela pengemudi mobil dan dengarkan bunyi mesin secara seksama, pastikan suara mesin normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar. Hal ini penting dilakukan saat mesin masih dingin, karena mesin yang masih dingin yang sering mengeluarkan bunyi-bunyi yang bisa menjadi indikasi ada masalah pada mesin.
  4. Periksa Transmisi
    Periksa kinerja transmisi sebelum menjalankan mobil. Untuk transmisi automatic, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada jeda yang lama atau sentakan yang keras setiap perpindahan transmisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *