Pentingnya Penggunaan Seatbelt Bagi Pengemudi

Pentingnya Penggunaan Seatbelt Bagi Pengemudi

Sabuk pengaman (seatbelt) terbuat dari bahan yang tebal dan elastis adalah sabuk yang terdapat di dalam kendaraan. Mobil, truk, bis, pesawat terbang, taksi terpasang sabuk pengaman. Fakta yang terjadi di lapangan, masih banyak orang yang lalai atau seakan cuek dengan benda yang begitu bermanfaat untuk digunakan. Peralatan pengaman sangat penting untuk kehidupan kita. Banyak kecelakaan yang terjadi setiap hari, dan menggunakan pengaman terbukti setidaknya mampu menyelamatkan nyawa korban. Sabuk pengaman mobil (seatbelt) merupakan salah satu alat pengaman yang digunakan di dalam mobil. Penggunaan seatbelt diyakini mampu mengurangi resiko yang lebih parah dalam sebuah kecelakaan.

Image result for pentingnya sabuk pengaman bagi pengemudi

Peraturan penggunaan seatbelt sudah lama di atur dalam Undang-Undang Federal Amerika Serikat pada 1 Januari 1968. Pemerintah mengakui pentingnya seatbelt, karena itu mengharuskan tiap-tiap mobil menyediakan sabuk pengaman mobil bagi keselamatan pengemudinya. Akan tetapi, masih banyak pengendara di Indonesia yang tidak terlalu memperdulikan pesan keselamatan untuk memakai seatbelt.

Alasan pengemudi harus memakai seatbelt :

  1. Penahan agar tidak terhempas keluar mobil ketika terjadi kecelakaan
    Kecelakaan yang mematikan seringkali terjadi ketika mobil berada dalam kecepatan tinggi. Dengan laju yang kencang, mobil dan pengendara di dalamnya akan merasakan dentuman yang keras ketika mobil menabrak benda maupun mobil lainya.
  2. Meningkatkan persentase keselamatan
    Berdasarkan Virtual Drive of Texas, penumpang di bagian belakang mobil mempunyai 44% kemungkin untuk selamat dari sebuah kecelakaan ketika mereka memakai seatbelt. Persentase ini meningkat untuk penumpang kursi belakang kendaraan Vans atau SUV, menjadi 73%. Jika tidak menggunakan seatbelt, penumpang bagian belakang akan mengalami cedera yang serius yang bahkan bisa mengakibatkan kematian.
  3. Menggunakan seatbelt merupakan salah satu tindakan protektif untuk menghindari kematian
    Di Indonesia, dilansir dari Detik.com, jumlah kecelakaan pada tahun 2017 terjadi sebanyak 3.132 laporan dengan jumlah korban sebanyak 3.663 orang. Dengan tingginya aangka kecelakaan ini, tidak heran jika melakukan tindakan pencegahan bisa menjadi alasan untuk memakai seatbelt.
  4. Membuat Pengendara Lebih Fokus
    Anda dapat berkendara lebih fokus karena posisi duduk Anda yang nyaman. Sabuk pengaman akan memaksa Anda mau tidak mau duduk tegak saat menyetir. Tubuh tidak dapat bergerak ke kanan dan ke kiri dengan mudah karena sabuk pengaman mengikat erat pada bagian tubuh Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *